Tips Untuk Bunda, Cara Mengatasi Susah Tidur Pada Anak

By | May 13, 2015

 Tips Untuk Bunda, Cara Mengatasi Susah Tidur Pada Anak

Cara Mengatasi Susah Tidur Pada Anak dapat dilakukan dengan beberapa langkah ringan tanpa harus memerintahkan anak yang susah tidur apalagi memarahinya. Mengatasi susah tidur pada anak, biasanya menjadi agenda utama pasangan muda yang baru memiliki anak, apalagi terjadi pada pasangan yang baru memiliki momongan pertama.

Seringnya ayah dan bunda mengatasi susah tidur pada anak yang sering terjaga dimalam hari akan mempengaruhi kuantitas tidur berkualitas ayah ataupun bunda. Lebih parah lagi, jika cara mengatasi susah tidur pada bayi ini, hanya dilakukan oleh sang ibu, dan sang ayah tidak melakukan apapun untuk membantu sang bunda.

Penyebab dan Langkah Awal Cara Mengatasi Susah Tidur Pada Anak

Sebelum anda melakukan Cara Mengatasi Susah Tidur Pada Anak anda, ada baiknya kita mengetahui penyebab kenapa anak susah tidur, lalu kemudian melakukan langkah-langkah alami yang bisa memecahkan masalah tersebut.

Cara mengatasi susah tidur secara alami pertama adalah; Biasakan melakukan kegiatan yang mengisyaratkan waktu tidur malam telah tiba. Misalnya melakukan kebiasaan menyikat gigi, kemudian minum segelas susu hangat, mengenakan piyama, mematikan TV, mematikan beberapa lampu di ruang tamu dsb, atau mendongeng bisa menjadi signal kepada anak sebagai langkah, bahwa waktu tidur telah tiba.

Suasana Kamar yang Nyaman Sebagai Cara Mengatasi Susah Tidur Pada Anak

Suasana Kamar Anak Yang NyamanCara Mengatasi Susah Tidur Pada Anak yang kedua adalah memperhatikan suasana kamar yang nyaman dan tenang. Perlu anda lakukan adalah dengan menyetel penerangan lampu kamar yang lembut, tidak terlalu terang benderang, tempat tidur yang telah dibersihkan dan dibuat senyaman mungkin untuk anak, sediakan segelas air atau susu hangat disamping anak.

Suasana menyenangkan dan menenangkan di dalam kamar akan menstimulasi otak agar lekas beristirahat. Disarankan pula agar menghindarkan anak dari suara-suara yang berasal dari radio, televisi atau aktivitas rumah yang cukup berisik seperti suara orang bercakap-cakap yang bisa membuat anak akan terus terjaga.

Cara Mengatasi Susah Tidur Pada Anak yang ketiga adalah, pola makan malam anak. Usahakan ketika makan malam, jangan membiarkan anak makan dengan asupan makanan yang berlebihan. Hal ini karena ketika terlalu kekenyangan bisa menimbulkan anak susah tidur.

selain itu, perhatikan juga makanan ringan yang sering dikonsumsi anak, misalnya makanan ringan yang mengandung kafein, yang biasanya terdapat dalam coklat, permen dsb. Hal ini akan mempengaruhi anak akan tetap terjaga.

Cara Mengatasi Susah Tidur Pada Anak yang keempat adalah biasakanlah melakukan rutinitas pola tidur anak dengan konsisten. Ajarkan pula perbedaan waktu beraktivitas pada siang hari dan malam hari.

Hal ini akan menstimulus otak anak anda, bahwa pada malam hari dan pada jam tertentu sudah waktunya untuk beristirahat. Hindarkan pula anak, tidur siang di sore hari, agar ia tidak terjaga pada malam hari, dan usahakan agar tidak menemani anak hingga terlelap. Hal ini akan membuat anak kurang mandiri.

Akibatnya anak akan rewel atau merasa cemas apabila ia kembali terjaga dan mendapati bahwa anda tidak lagi menemaninya. Pola membatasi mendampingi anak ini akan mendidik anak untuk mengatasi gelisah dan membuat anak lebih percaya diri di kemudian hari. Itulah Cara Mengatasi Susah Tidur Pada Anak yang bisa ibu terapkan mulai dari sekarang.

# Resource  : http://meetdoctor.com/article/mengatasi-bayi-susah-tidur, http://mazinu.com/6-cara-mengatasi-anak-susah-tidur/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *